Mobile Storage, Solusi Praktis Cepat dan Aman Back Up Data Smartphone


Saat ini digital lifestyle telah menjadi kebutuhan masyarakat modern, dinamika dan mobilitas tinggi super sibuk, memerlukan efisiensi, solusi cepat & tepat pada satu waktu, untuk menyelesaikan banyak tugas, transaksi bisnis, pekerjaan, serta berbagai aktifitas keseharian lainnya sekaligus.
Smartphone berperan sentral sebagai smart digital assistant yang semakin pintar bagi setiap orang, seiring tren meningkatnya aplikasi berbasis AI (Artificial Intelligence) serta aneka aplikasi multifungsi yg mempermudah semua komunikasi data, informasi dan interaksi multimedia, adaptif mengikuti pesatnya perkembangan teknologi, praktis, hemat waktu & menyenangkan.

Gimana ga penting, hampir semua mempunyai smartphone sebagai sarana komunikasi paling cepat dan efektif untuk berbagai kebutuhan, mulai dari telepon, chatting, browsing update berita dan informasi terkini, e-banking, belanja online, fotografi, membuat konten kreatif, mobile blogging (seperti artikel yang saya tulis saat ini hanya menggunakan smartphone, karena laptop sedang trouble) bisnis online, pesan makanan minuman favorit sampai beli tiket transportasi, tinggal duduk manis, sambil minum kopi atau es jus kesukaan, beberapa klik semua beres :)


Survey & Study Western Digital Corp.
berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey
tentang kebiasaan manajemen data pengguna smartphone di Indonesia,
Hasil riset 1.120 responden 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar di tahun 2019 ini :

* Lebih dari 80% responden menyadari pentingnya back-up data. Sayangnya 
hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. 
* 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone
* 97% responden mengandalkan smartphone sebagai sarana komunikasi utama.
* Responden lebih muda cenderung menggunakan smartphone sebagai gadget multifungsi, dari gaming, navigasi, video streaming, berbelanja online. 
Menariknya, survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti "kamera"
* Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar foto daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).
* Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% )
* Survei membuktikan 
bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone.

Pengalaman kehilangan data di smartphone pernah saya alami, ceritanya smartphone hadiah dari lomba menulis artikel, saya gunakan sampai 2 tahun lebih, saat itu semua fine-fine aja, hingga akhirnya karena saya install 2 aplikasi paralel yg berbeda namun fungsinya sama, sistem pada smartphone terjadi crash atau hang, sistem android hanya tampil mentok pada logo atau biasa disebut bootloop.
Berbekal informasi dari seorang android enthusiast yang cukup lama berpengalaman di dunia smartphone android, dengan akurasi parameter dilengkapi presentasi gambar foto dari forum diskusi tentang pembahasan tuntas smartphone tsb, cermat bertahap saya flash ulang sendiri menggunakan software (firmware) versi standar yang tersedia di internet, tentu sesuai literasi langkah step by step dengan segala konsekuensinya, kemudian dicopy pada micro sd SanDisk #SanDiskAPAC yang asli original sebagai bootloader, setelah update firmware berjalan sekitar 20 menit, hasilnya smartphone pulih berfungsi normal kembali.

Mungkin karena saya terlena smartphone sudah normal seperti sediakala, waktu itu saya tetap tidak menggunakan micro sd sebagai media penyimpanan kedua atau cadangan pada smartphone karena masih tersedia ruang penyimpanan internal (ROM) dan saya terlalu yakin bahwa msdia penyimpanan internal akan baik2 saja.
Setelah lima bulan terjadi bootloop lagi, nah saat itulah semua data file, foto dan video serta daftar nomor kontak hilang tanpa bisa kembali lagi. Hal ini saya ketahui dari penjelasan detail tentang parameter dan indikasi kerusakan ROM atau memory internal yang tampil pada saat booting masuk menu recovery melalui diskusi langsung dengan seorang android enthusiast yang saya ceritakan sebelumnya.
Fungsi sistem android di smartphone diciptakan hampir mirip atau sama dengan komputer dan laptop, yaitu pada awal start, sistem android membaca file master boot yang built in didalam software (firmware) operating system bawaan masing-masing type dan merk smartphone yang terdapat pada ROM untuk dapat berproses kemudian smartphone menyala on sebagaimana mestinya.
Apabila file boot operating system tersebut corrupt, error akibat firmware dan sistem android crash atau sebab lainnya, karena manajemen file kurang tertata rapi atau terlalu sering hapus tulis (read & write) pada memori internal (ROM) seperti yg saya lakukan sebelumnya, memori internal tersebut dapat rusak permanen dan solusinya harus diganti dengan ROM yang baru.

Lanjut ya ceritanya, setelah saya cek indikasi melalui arahan sebelumnya, parameter recovery pada prosedur awal booting masuk ke menu seperti menu setting bios pada komputer, terlihat jelas diagnosa tertulis dari deteksi otomatis hardware dan system android, bahwa ROM sudah tidak dapat read & write lagi, alhasil saya putuskan untuk mengganti memori internal (ROM) lumayan mahal lho harga spare part, biaya service bisa setengah harga dari nilai jual smartphone tsb bila normal.
setelah ganti memori internal (ROM) 

Setelah berhasil mengganti memori internal di tempat service yang reputasi nya sudah teruji karena telah hampir ratusan kali berhasil perbaiki memori internal (ROM) berbagai merk smartphone dengan biaya service lebih ringan, meski berada jauh diluar kota lintas propinsi melalui kiriman paket.
Hampir 2 bulan smartphone tsb bisa digunakan lancar kembali, ga disangka tiba2 bootloop lagi dan indikasi menunjukkan bahwa memori internal (ROM) yang bisa disebut jantungnya smartphone sudah ga berfungsi  lagi, meski saya coba dengan metode flash ulang dan cek service di counter teknisi perbaikan smartphone.
Ya namanya barang elektronik service an, relatif bisa lama digunakan lagi atau hanya sebentar, tergantung kualitas spare part komponen, pemakaian dll

micro sd SanDisk penyelamat data
Akhirnya saya menyerah, smartphone yang saat itu masih belum support usb otg, saya jual apa adanya untuk tambahan beli lagi, beruntung sebelumnya saya pasang micro sd SanDisk #SanDiskAPAC sebagai media penyimpanan yg aman dan dapat diandalkan.
Kenapa saya mengatakan bahwa SanDisk adalah solusi terbaik untuk media penyimpanan?
Pertama dapat kita lihat dari Reputasinya di dunia mobile storage,  SanDisk merupakan produsen internasional kelas dunia.
Berikutnya cek aja Official Store SanDisk di Shopee, total sold out ratusan ribu pcs berbagai type, dan terus meningkat setiap harinya.
Kedua, karena saya membuktikan sendiri, usb flashdisk SanDisk lama masih tangguh dan awet, meski sudah lebih dari lima tahun, data aman dan bisa diakses, asalkan kita simpan di tempat yang tidak lembab, bebas partikel debu halus, sesuai suhu ruangan.


Demikian juga dengan micro sd, saran saya, sebaiknya jangan terlalu sering menghapus dan atau memindahkan beberapa file berukuran jumbo dari ratusan Megabyte hingga Gigabyte secara bersamaan melalui card reader atau kabel usb ke laptop atau pc, selain lama pake banget proses pemindahan nya, riskan terjadi file corrupt, dan saya pernah mengalaminya, data hilang tanpa bisa pulih kembali.

Cara praktis, mudah, cepat dan aman, gunakan USB OTG SanDisk m3.0 Dual Drive (yang mempunyai dua jenis konektivitas berbeda, satu untuk port USB dan satunya port micro usb) berkecepatan tinggi dan stabil untuk media transfer data.


Mau back up data apa ga ribet? Tenang aja, SanDisk sudah siapkan aplikasi mobile SanDisk Memory Zone untuk android dan iXpand Drive untuk iPhone, aplikasi pintar mengelola data, tinggal pasang USB OTG SanDisk Dual Drive di port smartphone, semua proses back up atau pemindahan data berjalan otomatis, atau bisa juga di setting manual, mau copy ke laptop atau smartphone lainnya ? Gampang, USB OTG SanDisk Dual Drive Solusinya

Sekarang SanDisk banyak banget meluncurkan varian, type, transfer rate dan ukuran storage tersedia, harga terjangkau, ready untuk smartphone android dan iPhone.
Ada juga yang menggunakan konektivitas wireless sebagai media transfernya, sesuaikan aja sama kebutuhan, yang penting kita lega, data berharga tetap aman.


Hikmah yang dapat kita petik dari cerita pengalaman kehilangan data, semua smartphone memiliki memori internal (ROM) sebagai sarana read & write untuk hampir semua proses aplikasi (ROM masih memiliki proteksi system default standar dari pabrik) dimana mempunyai masa pakai yg relatif awet dan aman, asalkan tidak terlalu sering hapus install aplikasi sembarangan, rajin cleaner file tidak terpakai, instalasi sesuaikan kapasitas RAM, simpan-hapus banyak foto dan video dengan ukuran file super jumbo, apalagi file ukuran kecil namun jumlahnya mencapai ribuan.
Gimana ga cepat penuh memori internal smartphone kita, saat ini resolusi video recording rata-rata Full HD, bahkan sudah 4K, belum lagi segudang aplikasi dan game favorit terkini memerlukan RAM dan ruang penyimpanan memori internal yang leluasa.

Sayang banget kan, kalau kita sampai kehilangan daftar kontak teman, mitra usaha, dokumentasi produk, referensi resep masakan, desain, foto, video review yang sudah kita download #DibuangSayang
momen travelling, games, dan masih banyak lagi hal penting lainnya, apalagi yang suka ikut lomba fotografi, baik menggunakan smartphone maupun camera digital, mesti harus dan wajib backup file foto data exif untuk keperluan verifikasi bila terpilih nominasi juara, ya kan ? hanya karena kita anggap smartphone kesayangan memiliki memori internal dengan ruang lega tetap aman untuk menyimpan data.

Yuk mulai sekarang, siapkan back up untuk cadangan simpan data file, foto dan video pada smartphone dengan USB OTG SanDisk Dual Drive yang mempunyai variasi konektivitas paling lengkap, micro usb, wireless, usb type c, dan usb dengan pilihan kapasitas beragam, 16gb, 32gb, 64gb, 128gb dan 256gb #SanDiskAPAC


Beli SanDisk 100% Original Asli pasti terjamin garansinya, mantul awetnya, gesit dan stabil performa nya,
Yuk langsung aja ke Official Store SanDisk di Shopee


Happy days :)





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »