5 Solusi Hidup Sehat #AksiSehatCeria

5 Solusi Hidup Sehat #AksiSehatCeria
image : pexels edited with corel draw

Hai teman sehat, kita mesti bersyukur senantiasa diberi karunia kesehatan, aktif di semua kegiatan, sekolah dan tetap bisa bekerja disaat masih sangat banyak yang terbaring di rumah sakit.
Pola hidup sehat seperti apa sih yang sesuai dengan apa yang kita mau untuk tetap sehat, yuk mari simak pengalaman penulis menjalani pola hidup sehat.
Sebenarnya sederhana saja bila mau tetap sehat, makan, minum dan istirahat secukupnya serta rutin berolahraga, kurangi dan kendalikan konsumsi gula, baik berupa gula pasir maupun gula alami yang banyak terdapat pada buah-buahan, palawija dan bahan makanan lainnya, diet rendah garam sangat penting untuk penderita tekanan darah tinggi, kelebihan garam dalam tubuh dapat menyebabkan kekentalan darah yang membuat sirkulasi terhambat, fungsi kerja ginjal serta organ penting lainnya dapat terganggu. Demikian juga makanan berminyak serta
lemak, karena semua unsur pada makanan dan minuman tersebut seringkali biasa dikonsumsi sehari hari, tanpa kita sadari mengkonsumsinya berlebihan
Mengenali kondisi kesehatan sendiri dari alarm alami yang biasanya dapat kita rasakan, seperti perut kembung misalnya, apa penyebabnya, cari solusi terbaiknya.
 
Sarapan Pagi
Pola hidup sehat yang saya jalani untuk senantiasa tetap sehat, pertama adalah pola makan, sarapan pagi wajib, karena waktu makan pagi hari yang teratur dengan menu makanan nutrisi sehat bergizi dapat menormalkan tensi,
sistem pencernaan, saraf pusat dapat berfungsi sebagaimana mestinya, baik pada anak kecil sampai lanjut usia, bayangin kalau terlambat makan, pasti badan terasa lemas, perut ga nyaman, kepala pusing, bahkan ga
jarang sampai gemetar, ya kan?
Tips sehat untuk semua, bila badan kita lelah, capek dan mengantuk karena seharian beraktifitas,

sebaiknya hindari makan makanan pedas dan bercita rasa asam disaat perut kosong, karena dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan perut malah sakit, kepala pusing, membuat istirahat tidak nyaman.

image : pexels
Minum teratur 
Kedua pola minum yang baik demi kesehatan, air putih minimal 8 gelas sehari, teh hijau dan kopi murni sesekali, 
manfaat kopi murni bagus juga untuk menguatkan jantung, meningkatkan respon saraf pusat, asalkan waktu minum kopinya yang tepat plus jus buah segar buatan sendiri.
Banyak sekali manfaat jus buah diminum setiap hari, selain berperan sebagai antioksidan alami, mencukupi kebutuhan vitamin dan serat agar pencernaan tetap lancar, jus buah juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, perubahan cuaca dan dinamika semua aktifitas padat seharian. Biasanya saya minum jus tomat, wortel, apel, mangga dan alpukat tanpa tambahan gula, atau sesuai selera.
Buah apel mempunyai segudang khasiat, bagus untuk kesegaran saraf, sangat baik untuk mengurangi ketegangan otot-otot kaku pada orangtua maupun kita yang sering olahraga dengan waktu relatif cukup lama, selain itu, makan buah apel secara teratur dapat membantu proses
detoksifikasi.
Makan apel dua kilogram dalam seminggu, badan terasa lebih bugar, ga percaya, buktikan sendiri.
Tips penting yang seringkali luput dari perhatian kita buat para pembaca, bila saudara, teman atau orangtua
minum jamu, sebaiknya minum jamu tradisional alami yang jelas bahan pembuatan, manfaat dan minim efek sampingnya, karena saya perhatikan, masih banyak lho masyarakat yang minum jamu asal-asalan, contohnya jamu
pahit untuk membersihkan darah kotor, gatal gatal misalnya, banyak yang minum langsung satu gelas ukuran normal, sekitar 250 cc sekali minum, bahkan tak jarang dengan ampasnya sekalian, padahal, minum jamu pahit bisa menimbulkan gangguan sakit ginjal bila tidak sesuai dengan kondisi fisiologis tubuh kita dan rentang waktu konsumsinya.
Minum jamu memang sudah menjadi budaya nasional di Indonesia, saran saya, lebih baik membuat sendiri, jamu beras kencur, sari temulawak, kunir asam, sari jahe merah atau resep jamu populer lainnya sesuai kebutuhan, dengan catatan harus disaring ya ampasnya, kemudian endapkan beberapa saat, setelah dingin baru diminum, pada dasar gelas, biasanya kita lihat masih terdapat sisa endapan yang sebaiknya jangan diminum.
 
image : pexels


Makanan Sehat Bernutrisi
Dimana mana yang namanya gorengan pasti laris manis, dari pisang goreng, tahu, tempe, sukun, ubi, ketela dan teman temannya, mau buat sendiri atau beli, kalau seminggu sekali dua kali makannya, menurut pendapat saya masih masuk ketegori pola makan sehat ya, tapi kalau hampir tiap hari, wah bisa numpuk itu minyak di dalam
tubuh kita, coba deh kita goreng telor, tempe atau tahu, masukkan ke wajan disaat minyak masih belum panas betul, nanti kita lihat setelah matang, tunggu sampai terasa cukup hangat, kemudian kita peras dengan kantong
plastik, pasti banyak banget minyak yang menetes, bisa sampai beberapa sendok makan, beda cara menggoreng dengan minyak yang sudah panas nyala api sedang, ditiriskan pada kertas atau alas tisu, minyak goreng yang terserap pada bahan makanan lebih sedikit, sebaiknya dikukus atau direbus ya supaya tetap sehat bebas makanan berminyak yang dapat menggumpal pada saluran organ dalam kita, akibatnya bisa menimbulkan penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, pencernaan terganggu, kualitas darah menjadi jenuh, viskositas darah menjadi pekat yang mengakibatkan stroke bila berlebihan dalam jangka waktu lama karena sirkulasi darah tersumbat, sudah sangat banyak sekali yang mengalaminya.
Selain itu, makanan dan buah apa saja sih yang kurang baik dimakan karena pengolahan masaknya tidak tepat atau ga sabar nunggu buah menjadi matang?
Yuk kita ulas bahan makanan dan buah yang mengandung getah, diantaranya adalah pisang yang masih setengah matang, dari percobaan mengukus ternyata tetap masih ada getahnya yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan, demikian pula dengan bahan makanan lain, seperti ubi, buah mentimun, labu siam dan masih banyak lagi, solusinya, mengolah dan memasaknya dengan benar, iris dan potong kecil2, menggosok kedua permukaannya sampai keluar getahnya kemudian rendam di air garam. 
Antibiotik alami yang memiliki respon pada tubuh lumayan cepat, diantaranya adalah bawang merah dan bawang putih mentah yang masih segar beraroma tajam, saya pernah sakit sariawan, karena memang ingin cepat sembuh, akhirnya saya coba makan bawang merah diiris tipis kecil, tambahkan kecap seperlunya, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, sariawannya bisa berangsur sembuh.
Jeruk nipis juga sangat bagus untuk meningkatkan imunitas,
cara membuat minuman jeruk nipis yang sehat segar, jangan gunakan air dingin langsung dicampur perasan jeruk, rasa asamnya ga bakal bisa nahan, solusinya gunakan air panas, tambahkan gula secukupnya, tunggu dingin atau minum hangat sebelum tidur, bangun tidur badan terasa lebih fresh.
Bawang putih ampuh untuk menguatkan jantung, meningkatkan imunitas, mencegah stroke dan penyumbatan arteri karena plak, biasanya sih saya makan mentah satu dua siung, iris kecil, campur dengan mie pangsit kuah atau bakso, supaya ga terasa terlalu pedas dimulut, buat yang punya sakit lambung, mending makan ekstraknya saja, karena bawang putih rasanya super pedas banget kalau dimakan mentah, kalau ga kuat bisa iritasi lambung.
Khasiat bawang putih sangat banyak, selain sebagai bumbu penyedap masakan, berperan anti kanker, menurunkan kadar kolesterol dan sebagainya.
Source image : pexels

Istirahat Berkualitas
Selanjutnya pola istirahat, dapat tidur nyenyak siang hari selama beberapa jam di jaman modern serba sibuk sekarang ini merupakan karunia yang patut disyukuri untuk mengembalikan ketenangan, stamina dan energi, dimana sangat banyak sebagian besar dari kita yang masih beraktifitas.
Idealnya waktu istirahat tidur dalam sehari minimal 6 sampai 8 jam.
Kualitas tidur yang baik untuk memulihkan tenaga dipengaruhi sirkulasi udara segar kaya oksigen di dalam ruang kamar.
Kamar yang ga ada jendela atau kisi kisi terbuka di atas pintu atau tidak dilengkapi ekshaust fan, pasti udara terasa pengap dan gerah, volume oksigen menurun drastis, akibatnya ya pastilah sering mengeluh sakit kepala, otot kaku, lemah malas bergerak dan menurunkan kualitas kesehatan secara cepat.
Selain kasur yang dapat menyesuaikan dengan ergonomi, bantal lembut sangat diperlukan untuk menyangga kepala, agar sirkulasi pembuluh darah kecil, mikro dan super halus pada leher dan kepala tidak tertekan berat gravitasi kita sendiri saat tertidur lelap.
Sekarang sudah banyak tersedia bantal yang terbuat dari lateks, micro fiber bulu angsa sintetis, bantal angin (tiup) dan masih banyak lagi jenis bahannya, semua tersedia di pasaran.
image : pexels

Rekreasi dan Olahraga
Pola hidup sehat berikutnya adalah rutin olahraga, senam dan bersepeda tiap pagi sebelum jam enam menjadi rutinitas, udara masih bersih, sejuk dan segar bebas polusi kendaraan.
Kualitas udara di tengah padatnya kota, tentu tidak semurni di pedesaan atau berada di kawasan hunian yang berada di lingkungan hijau pepohonan, angin sepoi2 ga biasanya sejuk berhembus saat saya tidur nyenyak, terbangun sekitar jam 3 dinihari, badan terasa ringan, capek dan pegal juga hilang, padahal sebelumnya, badan terasa lelah, asumsi saya, karena pada saat jam 2-4 dinihari tergantung cuaca dan kelembaban udara juga ya, ion negatif yang termuat pada oksigen meningkat, alhasil atom ion negatif tersebut yang mampu membuat kita menjadi lebih bugar, karena mampu menembus sel sel.
Demikian pula dengan terapi ozon yang sebagian masih debatable di kalangan medis untuk pemurnian darah agar lebih bersih berkualitas, meski hanya nol koma sekian persen, ozon terbukti bermanfaat, asalkan terapi pada dokter ahli yang berpengalaman.
Rekreasi wisata di hijaunya pepohonan alam pegunungan, air terjun, pantai dan sungai sangat baik untuk kesehatan, dimana oksigen bermuatan ion negatif melimpah.
Manusia diciptakan lengkap dengan mekanisme pertahanan tubuh dari berbagai paparan oksidasi, bakteri dan virus, uniknya lagi, tanpa kita sadari selama kita tidur nyenyak, olahraga di alam bebas yang sejuk dengan pasokan oksigen udara bersih, sistem kelenjar menjadi aktif membangun imunitas kekebalan.
Selain olahraga, saya terbiasa pijat akupresur mandiri dengan memijat sendiri titik-titik penting yang menjadi saluran energi tersebut mengalami sumbatan energi karena kelelahan otot.
Pernah saya mengalami sakit kepala, malas makan, punggung pegal, pundak kaku dan perut terasa kembung, solusi aman dan ekstra cepatnya, urut dan pijat perlahan tepat pada titik sesuai ilmu akupresur selama beberapa detik atau menit di titik lipatan siku luar, lengan, bahu, punggung dengan alat bantu pijat dan sekitar belikat, telapak kaki, setengah jam kemudian langsung sembuh tanpa harus minum obat pereda demam, nyeri otot maupun sakit kepala.





Upaya dan ikhtiar yang kita lakukan agar supaya tetap sehat tentu semua dengan pemahaman ilmu, belajar sesuatu yang bermanfaat untuk kesehatan itu penting banget, yuk baca artikel2 tentang seputar informasi kesehatan keluarga, tips lengkap hidup sehat seperti Manfaat donor darah bagi kesehatan dari para dokter, makanan dan minuman apa yang baik untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, kecantikan sampai direktori Rumah Sakit dan Dokter Spesialis se Indonesia, lengkap dengan nomor telepon, alamat dan jadwal praktek. Mau konsultasi online tentang masalah kesehatan yang kita alami? hanya di DokterSehat solusinya.
Semoga bermanfaat, senantiasa menjalani inspirasi hidup sehat.
Salam :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »