Sehat Menyegarkan Sepanjang Masa

Do

Sehat bebas beraktifitas (source: google)

Di era modern dan serba sibuk seperti sekarang ini, semua pasti suka banget hari libur dan musim liburan.
Dari keseharian, ada hal yang terlihat sederhana namun seringkali terlupa supaya senantiasa tetap sehat dan bugar, baik fisik maupun mental untuk tetap bersemangat menjalani berbagai aktifitas, yaitu istirahat tidur siang yang nyenyak, satu sampai dua jam di waktu hari kerja merupakan suatu karunia yang langka karena kesibukan yang tak bisa ditinggalkan bagi sebagian orang.
Setahu saya sampai saat ini belum ada survei yang meneliti tentang pola hidup dan rentang waktu istirahat tidur siang masyarakat Indonesia pada umumnya, baik yang tinggal di daerah maupun di perkotaan.
Dari beberapa penelitian, istirahat tidur siang meski sebentar akan membuat badan kita tetap sehat, konsentrasi meningkat, mood lebih tenang.

Pengalaman dulu pernah opname sampai hampir dua mingguan di rumah sakit karena sakit typus, akibat terlalu capek dan kurang istirahat, sering begadang serta jarang makan buah dan sayuran, dari moment itulah timbul kesadaran untuk menjaga keseimbangan antara aktifitas dan istirahat yang cukup, dengan penataan waktu yang efektif tentang bagaimana solusi terbaik agar semua aktifitas dan pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu bersamaan bila memungkinkan dan tetap nyaman.

Dinamika kesibukan dari sejuknya udara pagi sebelum terbit matahari, terik siang sampai gemerlapnya malam hari melesat begitu cepat tanpa terhenti.
Waktu istirahat yang cukup dan berkualitas tercermin dari kondisi kita saat bangun tidur, apakah badan terasa lebih ringan, pikiran rileks dan bersemangat, atau malah sebaliknya, otot terasa kaku, pegal,kepala pusing, perut sering kembung,terasa mual,lelah berkepanjangan?

Tubuh kita diciptakan Tuhan dengan teknologi maha canggih, desain sempurna, hebat dan unik, setiap dna sel, organ, kelenjar dan semua sistem saraf mempunyai tugas dan fungsinya masing2.
Ajaibnya, semua mekanisme berjalan sendiri tanpa kita kehendaki, mungkin sebagian kecil dari kita bisa menggerakkan daun telinga seperti kelinci dengan latihan, misalnya, kalau menghentikan detak ritme jantung sedetik saja, siapa yang bisa?

Saya yakin, sebagian besar dari kita belum tahu bila liver atau yang biasa disebut hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh.
Dari pengalamanku sering pijat akupressure dan refleksi pada yang ahli, salah satu penyebab utama terganggunya kesehatan kita adalah tersumbatnya aliran sirkulasi energi pada titik meridian berbagai organ penting dan kelenjar, kemudian terbentuk sumbatan apabila dibiarkan tanpa ada upaya penanganan tepat akan membuat terjadinya penyakit.

Betapa pentingnya peran sentral dan fungsi hati untuk mengatur keseimbangan produksi hormon, senyawa dan enzim yang diperlukan, menyimpan cadangan mineral, vitamin, energi, serta aktif membantu menjalankan proses pencernaan lemak dan kolesterol melalui produksi empedu, detoksifikasi dari berbagai unsur hasil metabolisme sekaligus sebagai produktor imunitas kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Salah satu fungsi hati adalah meminimalisir kadar lemak, contoh mudahnya dari keseharian, saya mencuci peralatan memasak yang biasa digunakan menggoreng atau memasak bahan makanan berlemak dengan sabun colek, lama kelamaan sisa minyak dan masakan berlemak tercampur dengan sabun tersebut begitu keras menggumpal, sampai saluran air di dapur buntu, dapat diartikan secara harfiah, lemak dan kolesterol yang berasal dari makanan yang biasa kita makan sebaiknya dikurangi supaya kualitas pembuluh darah kita tetap elastis dan lancar, viskositas darah tetap stabil tetap dalam kondisi pH yang baik, tidak terjadi penumpukan, penggumpalan lemak yang dapat menimbulkan penyumbatan plak karena proses pencernaan makanan berlemak dan berminyak cenderung berjalan lambat dalam tubuh kita.
 


ga tahan godaannya :) *dokpri*


Pernah sih saya coba dalam satu minggu hanya makan makanan yang dikukus dan direbus, seperti  jagung, kedelai, umbi2an, sayuran plus buah buahan segar, alhasil badan terasa ringan selalu bersemangat.
Tapi mau ninggalin makanan yang bersantan seperti rendang, ayam, udang dan ikan yang digoreng tetap ga tahan rasa renyah, krispy dan gurihnya, apalagi ditambah sambal pedas, wow mantapnya, yang penting menu makan harus seimbang dong pastinya.

Setiap herbal dan buah mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kebugaran, dari pengalaman waktu tinggal di kota yang terkenal dengan apel, yaitu kota malang yang medan jalannya naik turun, hobi bersepeda keliling kota sudah menjadi aktifitas menyenangkan, sering juga sih pegal di otot kaki dan perut, karena menaiki jalan menanjak perlu tenaga ekstra.
Biasanya sesekali saya minum vitamin b kompleks bila perlu untuk memulihkan otot pegal dan kaku, namun yang terbaik tetap dari makanan alami yang banyak mengandung vitamin b yang kita konsumsi sehari hari.
Makan dua atau lebih buah apel dalam sehari baik untuk pencernaan karena mengandung serat tinggi, selain itu bisa menyegarkan saraf.

Seperti apa sih kesegaran saraf itu?
Kalau menurut pendapat saya, kesegaran saraf itu, salah satu indikator yang mudah sekali dikenali adalah wajah terlihat segar bercahaya, badan terasa ringan untuk beraktifitas, putih bola mata yang bersih, daya tahan imunitas kuat, selalu bersemangat, tidak cepat mudah lelah dan mengantuk.

Herbadrink Sari Temulawak *dokpri*
mau diminum langsung atau kombinasi buah sesuka hati, tetap sehat menyegarkan 

 

Selain untuk memelihara kesehatan hati, Herbadrink Sari Temulawak yang mengandung ekstrak rimpang segar temulawak atau curcuma xanthorrizha Rhizoma berkhasiat juga mengatasi kelelahan otot, menambah nafsu makan, antioksidan alami, membantu mengatasi jerawat dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Setelah minum Herbadrink Sari Temulawak, perut terasa lega dan nyaman, ga sampai setengah jam kemudian timbul rasa lapar, meski tadinya sudah makan. Rasa lapar tersebut, dari pengalaman saya terbiasa rutin minum Herbadrink Sari Temulawak, merupakan indikator bekerjanya zat alami kurkumin yang membantu proses pencernaan.

Mau pergi kemana saja, praktis bawa botol minuman Herbadrink Sari Temulawak yang lebih higienis, aman tanpa endapan dan segar banget rasanya, apalagi bisa juga ditambah dengan aneka buah seperti jeruk lemon, strawberry, pear, apel, atau buah lain sesuai keinginan dan kesukaan kita sebagai infused water yang berfungsi sebagai booster kesegaran saraf sekaligus menjadi penjaga hati :)
Buat para perokok, Herbadrink Sari Temulawak sangat saya sarankan untuk rutin diminum, karena dapat
membantu hati membersihkan toksin tubuh dari kandungan tar dan nikotin akibat merokok.
Yuk mulai sekarang lebih peduli kesehatan kita dan keluarga dengan merubah gaya hidup lebih sehat.

Tips yang sering kurang diperhatikan saat kita terasa lelah di sore atau malam hari setelah beraktifitas, pertama, sebisa mungkin hindari makanan pedas dan asam, karena dapat membuat daya tahan dan stamina kita semakin menurun, namun semua tergantung ketahanan fisik masing masing, karena tiap individu mempunyai kondisi fisiologis yang berbeda.
Dan satu lagi, jangan makan dulu baru kemudian mandi, karena bisa mengganggu proses gerakan lambung mencerna makanan.
Berikutnya, bila ingin stamina lebih bertenaga, kurangi konsumsi gula pasir, makanan atau cemilan yang mengandung kadar garam yang tinggi.
Bila badan terasa lelah, mandi air hangat,kalau bisa berendam lebih bagus lagi, agar sirkulasi lancar, otot lebih rileks, makan dan minum secukupnya, segera istirahat agar stamina dan tenaga cepat pulih kembali, selalu siap semangat beraktifitas menyambut sinar matahari pagi.

Selamat berkarya,
Semoga kita senantiasa diberi karunia Sang Maha Pencipta tetap sehat & bahagia bersama keluarga :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »